Monday, 22 August 2022 02:36

SMP IT BBS Goes to RRI Pro 2 FM Bogor

Written by
Rate this item
(2 votes)

Sabtu 13 Agustus 2022 lalu, SMPI IT BBS memenuhi undangan dari Radio RRI
Pro 2 FM Bogor untuk berbagi cerita tentang program lingkugan hidup di lingkungan sekolah. Pihak sekolah mengirimkan dua perwakilan dari ekskul KIR yaitu Nisa Afifah (kelas 8) dan Raiqa Amirah (kelas 9 ) dan didampingi oleh guru mapel PLH – Pak Tarjoni.

Obrolan yang berlangsung sekitar 1 jam ini berlangsung hangat, seru dan menarik. Nisa dan Raiqa secara lugas membeberkan beberapa program di lingkungan sekolah, seperti Urban Farming atau kita menyebutnya Ngebon di Kota, yang bisa menjadi solusi bagi wilayah dengan media tanam terbatas. Salah satu program unggulan yang juga dibahas adalah Program Budi Daya Maggot.

Maggot adalah larva lalat hitam yang bisa dibudi daya menjadi pakan ternak yang kaya protein dan bebas dari bahan pengawet. Maggot yang diproduksi Smpit BBS – selain dipakai untuk pakan lele yang sedang dibudi daya di SMP IT BBS nantinya akan dijual ke masyarakat. Kotoran maggot pun bisa menjadi pupuk kasgot (bekas maggot). Selain menguntungkan secara ekonomis juga bisa menjadi solusi terhadap permasalahan sampah organik karena makanan maggot adalah sampah organik. Rata-rata orang Indonesia menghasilkan sampah makanan sebanyak 184 kg tiap tahunnya. Bisa dibayangkan dampaknya terhadap Bumi kita jika permasalahan sampah organik yang menggunung ini tidak ditangani.

Bincang-bincang selama hampir satu jam ini berlangsung hangat dan seru loh. Program pengolahan sampah yang ada di Smpit BBS terutama budidaya maggot sebagai upaya pemanfaatan limbah organik ini sangat menarik dan unik. Bisa dibilang SMP IT BBS Bogor adalah satu-satunya sekolah di kota Bogor yang mempunya program ini. Satu hal yang ingin disampaikan melalui obrolan singkat ini adalah bahwa sampah organik yang biasanya dipandang tidak bernilai bisa menjadi hal yang menguntungkan. Sehingga ungkapan From Trash to Gold – Dari Sampah Jadi Emas - bukan hanya sekedar slogan tanpa makna.

Bagaimana dengan program pengolahan sampah anorganik? Setiap hari Kamis siswa kelas 7 mengerjakan projek ecobrick dengan menggunakan botol minum plastik bekas. Botol-botol tersebut diisi dengan sampah anorganik seperti bungkus permen, kopi, sabun dll. Sehingga diharapkan tidak ada lagi sampah anorganik yang dibuang ke tempah sampah.

Bagi kalian yang tidak sempat menyimak obrolan ini bisa mengaksesnya di kanal youtube Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan dengan tajuk: Sapa Bumi: Sayangi Bumi Ngebon di Sekolah.

 

Team Website SMPIT : Suci A Purwanti S.Pd

Read 595 times Last modified on Monday, 22 August 2022 03:12

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.