Friday, 11 March 2022 01:30

Tetap kreatif dan ‘Nyeni’ Selama #Belajardirumah

Written by

Membuat Ragam Hias pada Media Kayu:
Tetap kreatif dan ‘Nyeni’ Selama #Belajardirumah

Kalau kita mendengar kata ‘talenan’ , pasti yang muncul di pikiran kita adalah salah satu peralatan dapur, biasanya disimpan di pojok lemari dapur dan terkesan kotor (apalagi jika sudah dipakai bertahun-tahun). Namun di tangan siswa-siswi SMPIT Bina Bangsa Sejahtera Bogor

talenan bisa menjadi karya seni yang sangat indah.
Di pertengahan semester genap ini –dalam mapel Seni Budaya_ siswa-siswi kelas 7 belajar melukis ragam hias pada kayu. Dan bahan kayu yang dipilih untuk digunakan sebagai media adalah talenan. Talenan mempunyai bentuk yang tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu kecil, serta memiliki permukaan yang halus sehingga mudah untuk dilukis. Karena masih pembelajaran jarak jauh dan para siswa tidak bisa melihat proses pembuatan ragam hias pada media talenan, staf pengajar mapel Seni Budaya SMPIT Bina Bangsa Sejahtera Bogor – Ibu Marina Permana- mengirimkan video tutorial membuat ragam hias pada media kayu.

Alat-alat yang di butuhkan antara lain cat acrilic atau cat poster, kuas, palet dan juga pensil untuk membuat desainnya di atas talenan. Jadi untuk memudahkan kita melukis ragam hiasnya, kita terlebih dahulu menggambar desainnnya. Setelah itu baru deh di warnai dengan cat acrilic atau cat poster. Dan... talenan kayu yang biasanya ditemui dipojok lemari dapur dan terkesan kotor bisa menjadi karya seni yang indah.

Ibu Marina menuturkan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas sehingga walaupun belajar di rumah para siswa tetap kreatif dan mempunyai seni yang tinggi.

Yuk...kita berkreasi dengan talenan.

(Suci A. Purwanti, Staf Pengajar SMPIT BBS Bogor)

Read 712 times Last modified on Friday, 11 March 2022 04:32

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.